Sabtu, 12 Mei 2018

10 CIRI UTAMA PENGIKUT RASULULLAH DAN PARA SHAHABAT

بسم الله الرحمن الرحيم

➡1) *Berpegang teguh dengan Al Quran dan As Sunnah* dalam segala perkara khususnya ketika terjadi perbedaan pendapat.

Allah berfirman :
“Maka jika kalian berbeda pendapat dalam satu perkara, kembalikanlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kalian beriman kepada Allah dan hari akhir”
*(QS. An Nisa : 59 )*

➡2) *Memahami Al Quran dan As Sunnah*sesuai  dengan *pemahaman para shahabat dan yang mengikuti mereka dengan baik dan tidak dipahami sesuai dengan hawa nafsu maupun tokoh tertentu*.

Allah berfirman :
“Generasi pertama shahabat muhajirin dan anshor serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah meridloi mereka dan merekapun ridlo kepada Allah dan Allah siapkan untuk mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai mereka kekal di dalamnya itulah keberuntungan yang besar”
*(QS At Taubah 100)*

➡3) Tetap *Istiqomah di atas kebenaran Al Quran dan As Sunnah* walaupun dihina dan dijauhi oleh masyarakatnya.

Rasulullah bersabda
*“Akan senantiasa ada sekelompok orang dari umatku yang terang-terangan di atas kebenaran, tidaklah membahayakan mereka orang-orang yang menghina mereka sampai datang perintah Allah (angin dingin yang mencabut nyawa setiap orang yang memiliki keimanan menjelang kiamat)*”
( HR. Imam Muslim )

➡4) *Tidak taqlid kepada madzhab atau tokoh tertentu tetapi berdasarkan dalil* yang dipakai. Bila sesuai dengan Al Quran dan As Sunnah, diterima. Bila tidak, maka ditolak siapapun yang mengucapkannya.

Imam Malik, Rahimahullah berkata :
*“Setiap orang bisa diambil ucapannya dan bisa ditolak kecuali Nabi ”*
( Minhaj Al Firqoh An Najiyah : 10 )

➡5) Tidak pilih-pilih syariat, semua perintah Allah dan Rasul-Nya dilaksanakan semampunya dan semua larangan ditinggalkan tanpa terkecuali.

Allah berfirman :
*“Apa saja yang dibawa oleh Rasul untuk kalian maka ambillah dan apa saja yang dilarang maka tinggalkanlah”*
( QS. Al Hasyr : 7 )

➡6) Hanya *menggunakan hadits - hadits shahih*dan tidak menggunakan hadits - hadits dloif ( lemah ) dan maudlu’ (palsu ), karena yang dloif ( lemah ) dan maudlu’ (palsu) itu merupakan bentuk berdusta atas nama Rasulullah .

Rasulullah bersabda :
*“Barang siapa berdusta atas namaku dengan sengaja maka hendaklah menempati tempat duduknya di neraka”*
( HR. Imam Muslim dan lainnya )

➡7) *Menegakkan seluruh jenis tauhid dan memberantas segala jenis syirik*, karena *Tauhid adalah inti dakwah para Nabi dan Rasul* .

Allah berfirman :
*“Sungguh kami telah mengutus pada setiap umat seorang rasul untuk menyeru ( kepada umatnya ) beribadahlah hanya kepada Allah ( tauhid ) dan jauhilah sesembahan selain Allah ( syirik )”*
( QS. An Nahl : 36 )

➡8) *Menegakkan Sunnah (ajaran Rasulullah) dan memberantas segala jenis kebid’ahan.*

Rasulullah bersabda :
*“Wajib atas kalian berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah khulafaur-rasyidin yang mendapat petunjuk setelahku, gigitlah dengan gigi geraham (pegang erat-erat dan jauhilah perkara-perkara baru yang tidak diajarkan agama, karena hal itu bid’ah dan setiap bid’ah itu sesat)”*
(HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah dishohihkan syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’ )

➡9) *Mendidik generasi umat dengan pendidikan yang sesuai dengan pendidikan Rasulullah dan para shahabatnya* .

➡10) Pentingnya, *Tholibul Ilmi*Giat menuntut ilmu syariat. Karena mereka yakin *dengan ilmu ini dapat mengetahui dan mencontoh seluruh ajaran Rasulullah  secara benar dan terperinci.*

و الله أعلم بالصواب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Section Team Class

Related Indexed :  www.publiklampung.com Lecturer Indexed :  www.ariesetyaputra.com NAMA TEAM : HASKELL Ketua Team : Reni Alfiani -  ht...